Kelola Lahan Gambut, Hasilkan Panen Berbagai Komoditi Pertanian


KUBU RAYA - Anggapan banyak orang tentang lahan gambut kurang produktif untuk dijadikan lahan pertanian, sepertinya kurang tepat.

Karena banyak juga pengusaha tani yang tetap menggeluti usahanya pada sektor pertanian di lahan gambut.

Seperti yang dilakukan seorang perantau dari Sumatera Utara (Sumut) bernama Usman ini, lahan gambut menjadikannya secara berulang-ulang menuai rupiah dari hasil panen.

Tanaman hortikultura yang ia tanam berupa cabai, daun bawang, bawang merah dan sayuran lainnya. Bahkan dari penuturannya, ia juga pernah menanam bunga kol.

Pada perayaan Idul Fitri 1443 H tahun 2022 ini, baru saja ia selesai panen daun bawang. Tetapi masih ia sisihkan daun bawang digalangan tanaman yang sengaja tidak dipanen yang akan dijadikan bibit.

"Kami panennya berdasarkan pesanan. Jadi kalau yang disisakan ini buat bibit nanti dilahan yang sudah kita sediakan. Bibit ini nanti setelah dicabut langsung ditanam, tidak boleh lama-lama dibiarkan, lalu kering pula nanti", katanya saat kami bersilaturahmi Idul Fitri ke kediamannya di Parit Derabak, Desa Parit Baru, Kec. Sungai Raya, Kab. Kubu Raya, Rabu (4/5/2022).

Usman bersama keluarga memang sangat ulet dalam mengelola lahan gambut sebagai media tanam berbagai komoditi pertanian.

Mulai dari membajak lahan, membuat galangan, mengkombinasikan pupuk kimia dan pupuk organik serta memilih tanaman yang cocok pada lahan gambut.

Pupuk organik yang ia gunakan sebagai bilangnya yakni Biotrent, yang merupakan sahabat petani.

Hingga saat ini, ia dan dibantu keluarganya tetap konsisten berusaha dan mengedukasi warga sekelilingnya untuk mengoptimalkan lahan pertanian yang digarap. Agar dari jerih payah memelihara tanaman pertanian, baik tanaman pangan atau hortikultura memberikan hasil untuk operasional usaha selanjutnya.

Ia juga menuturkan, bahwa menggeluti pertanian dilahan gambut sangat berbeda dengan lahan mineral. Karena banyak faktor yang harus diperhatikan jika budidaya tanaman dilakukan pada lahan gambut, terutama masalah air dan tingkat keasaman tanah serta hama tanaman.

Oleh karena itu pemahaman tentang iklim dan cuaca juga dicermati dalam memilih tanaman pertanian yang akan diusahakan, (admin).



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak