Keindahan Air Terjun Simpot Jerit Desa Bungkang


Desa Bungkang, berbatasan dengan Kota Balai Karangan, Kecamatan Sekayam, Propinsi Kalimantan Barat. Wilayah desa ini mencapai lebih dari 6.000 hektare terbagi menjadi empat dusun. Sebagian besar wilayah   kdesa ini berada pada kawasan hutan lindung.

Desa Bungkang ini memiliki beberapa riam dan air terjun, diantaranya adalah riam Begiham dan air terjun Simpot Jerit.

Destinasi wisata air terjun Simpot Jerit ini masih alami dan airnya sangat bersih. Letaknya yang tidak jauh dari Desa Bungkang, destinasi ini memiliki potensi untuk dapat dikembangkan sebagai destinasi wisata wilayah perbatasan Indonesia - Malaysia.

Akses menuju air terjun Simpot Jerit dapat ditempuh melalui dua jalur. Jalan pertama yaitu melalui jalan setapak yang sering dilalui oleh warga dalam mengusahakan perkebunan dan lahan pertaniannya. Kemudian jalur kedua merupakan jalan setapak dikombinasikan dengan suguhan riam - riam kecil dengan mengikuti aliran air sungai yang berasal dari air terjun tersebut. Namun jalurnya cukup ekstrem karena masih alami.


Berbeda jika pengunjung melalui lahan perkebunan warga, walaupun jarak tempuh sedikit lebih jauh dibandingkan jika mengikuti jalur sungai.

Dari Desa Bungkang dapat menggunakan kendaraan roda dua hingga titik terakhir tepatnya pada penyulingan air bersih PDAM disana. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 20 menit untuk tiba di air terjun Simpot Jerit tersebut.

Setibanya di air terjun itu, pengunjung dapat melihat betapa indah kekayaan alam berupa curahan air bersih yang mengalir diantara dinding-dinding batu alam perbukitan gunung entinyu.

Curahan air terjun ini terlihat dua bagian yang terpisah oleh sebuah lubuk datar dan terus mengalir ke bagian bawah mengikuti hilir sungai.

Begitu indah, ditambah lagi dengan rimbunnya pepohonan endemik hutan lindung ini, menambah kesegaran udara sekitar air terjun.

Potensi ini, menurut Kepala Desa Bungkang, Rigen, S.Pd.K menuturkan bahwa selama ini belum terkelola dengan baik. Hal itu disebabkan keterbatasan anggaran desa untuk membuat akses menuju air terjun Simpot Jerit ini. Namun dikatakannya, bahwa pada masa yang akan datang, dirinya akan berusaha mengelola potensi riam dan air terjun yang ada di Desa Bungkang.

"Begitu banyak riam dan potensi wisata yang dapat kita kembangkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di desa ini. Untuk itu kedepannya kita akan mengajak masyarakat dan bersinergi dengan pemerintah kabupaten dan kecamatan agar potensi wisata air terjun serta riam - riam yang ada ini dapat termanfaatkan", kata Rigen, Kamis (24/11/2022).


Ia yakin, dengan terkelolanya potensi wisata air terjun di Desa Bungkang dapat mendatangkan pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia. Karena Desa Bungkang ini berbatasan langsung dengan negara Malaysia serta merupakan jalur menuju Badau yang juga adalah pintu perbatasan Indonesia - Malaysia wilayah Kapuas Hulu.

So... Boleh dicoba gaes, bagaimana keindahan air terjun Simpot Jerit ini, dan kalau ada waktu lebih lama dapat juga mengunjungi destinasi wisata air terjun lainnya di desa ini. Karena desa ini memiliki beberapa air terjun dan riam yang airnya sangat bersih. (admin)

Salam lestari dari Borneo...


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak