Serah Terima Pasukan Kodam XII/Tanjungpura


Setelah melaksanakan upacara serah terima jabatan dihadapan Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Mayor Jendral TNI Sulaiman Agusto dan Mayor Jendral TNI Iwan Setiawan melakukan serah terima pasukan jajaran Kodam XII/Tanjungpura.

Upacara serah terima dilaksanakan dilapangan Tidayu Kodam XII/Tanjungpura, Selasa (02/05/2023).

Dalam upacara ini juga dilakukan penyerahan risalah sebagai tanda berpindahnya pimpinan di jajaran Kodam XII/Tanjungpura.

Upacara diikuti oleh para prajurit Satpur dan Banpur, Balakdam jajaran dan Satuan Teritorial serta para Pegawai Negeri Sipil jajaran Kodam XII/Tpr.

Mayor jenderal Sulaiman Agusto akan melanjutkan pengabdian di Mabes TNI sebagai  Pa Sahli Tingkat III KASAD Bidang Ekkudag.

Sedangkan Pangdam XII, Mayjen TNI Iwan Setiawan sebelumnya merupakan Danjen Kopasus.

Mayjen TNI Sulaiman Agusto menyampaikan kepada seluruh prajurit Kodam XII Tanjungpura agar selalu meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan tugas. Karena tantangan tugas kedepan menghadapi banyak dinamika, terlebih wilayah Kodam XII Tanjungpura berbatasan langsung dengan negara Malaysia.

Jenderal bintang dua ini juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat dan Forkopimda Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah atas kerjasama yang telah terjalin selama menjabat sebagai Panglima Kodam XII/Tanjungpura.

"Diharapkan dengan pergantian pimpinan ini, Kodam XII/Tanjungpura semakin baik dari yang sebelumnya. Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kalbar dan Kalteng yang selama ini sudah bekerjasama dan membantu tugas-tugas Kodam sehingga menurut penilaian pimpinan hasilnya cukup baik," ucap Pa Sahli Tingkat III Kasad Bidang Ekkudag.

Sementara itu Pangdam XII Tanjungpura Mayjen Iwan Setiawan, dalam melanjutkan tugas dan tanggungjawab institusi pertahanan NKRI di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, akan melakukan koordinasi dengan Forkopimda.

Selain itu, peningkatan pengawasan wilayah perbatasan menjadi konsentrasi seluruh jajaran Kodam XII Tanjungpura untuk mencegah terjadinya kasus kasus konvensional yang dapat mengancam keutuhan negara.

Kepada pejabat lama, Mayjen TNI Iwan Setiawan dalam kesempatan tersebut juga meminta bimbingan dan arahan selama dirinya mengemban amanah jabatan, sehingga harapannya ke depan nantinya tidak mengecewakan. 

Ia juga meminta kepada Kasdam XII/Tpr dan seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS termasuk keluarganya, agar dukungan yang selama ini diberikan kepada pejabat lama juga diberikan sepenuhnya kepadanya.

"Kodam XIITpr harus berada di tengah-tengah masyarakat, harus senantiasa membantu kesulitan rakyat sekelilingnya. Saya mohon do'a restu kepada awak media, dari seluruh prajurit dan Forkopimda termasuk tokoh masyarakat dan tokoh agama, saya akan silaturahmi untuk bisa bersinergi agar bisa melaksanakan amanah sebaik-baiknya," kata Pangdam XII/Tanjungpura.

Usai upacara selanjutnya dilaksanakan tradisi pelepasan untuk mengantarkan Mayjen TNI Sulaiman Agusto melanjutkan tugas ditempat yang baru.

Tradisi ini turut dihadiri oleh seluruh satuan dijajaran Kodam XII Tanjungpura serta menampilkan yel yel dari masing masing satuan. (admin)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak