STAK Abdi Wacana Pontianak Miliki Gedung Perkuliahan Baru


Sekolah Tinggi Agama Kristen Abdi Wacana, Gereja Kalimantan Evangelish (GKE) Pintu Elok Pontianak, saat ini memiliki gedung perkuliahan baru.

Seperti diketahui bahwa, sejak tahun 2003, Sekolah Tinggi Agama Kristen Abdi Wacana (STAK AW) telah memiliki ratusan alumni yang saat ini tersebar di Indonesia khususnya wilayah Kalimantan Barat dan mengabdi dalam berbagai pelayanan.

Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji pada peresmian gedung perkuliahan yang baru selesai pembangunannya menyampaikan bahwa, dengan diresmikannya gedung ini, kegiatan perkuliahan di Sekolah Tinggi Abdi Wacana ini bisa berjalan semakin baik dan dapat menyesuaikan dengan kemajuan teknologi saat ini.

"Saya berharap dengan diresmikannya gedung ini kegiatan perkuliahan disini dapat menjadi lebih baik. Kemudian memanfaatkan IT ya, kalau gedung dan ruangan saya lihat tadi sudah bagus.

Kita ketahui bersama Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kalbar masih rendah. Sehingga kita harus berpacu disemua bidang termasuk bidang pendidikan.

Saya selaku Gubernur harus mensupport ini tidak memandang etnis, agama dan lain-lainnya", katanya, Senin (01/05/2023).


Orang nomor satu di Kalimantan Barat ini juga menyebutkan, dengan hadirnya perguruan tinggi ini akan menambah kredit poin dalam penilaian Indeks Pembangunan Manusia di Kalimantan Barat.

Namun ketika ditanya soal kekurangan fasilitas dan penataan lanjutan komplek perkuliahan, panggilan akrab bang Midji ini menyatakan bahwa hal tersebut dapat dikoordinasikan kedepannya dan tentunya melalui tahapan-tahapan yang tidak melanggar aturan penggunaan anggaran.

"Kalau dibilang kurang, semuanya pasti kurang, namun nanti kita bisa bersinergi bagaimana bisa melibatkan perusahaan - perusahan yang ada disini ya, melalui CSRnya untuk mendukung perkuliahan", tandasnya.


Sementara itu ketua panitia sekaligus Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Abdi Wacana Pontianak dr. Sumara Niman, Sp.An menjelaskan, proses pembangunan gedung perkuliahan tiga lantai ini tidak terlepas dari perhatian pemerintah daerah provinsi Kalimantan Barat serta para donatur.

"Awalnya ada signal dari pak Gubernur dan kami buatkan proposal dan terealisasi. Pengerjaan ini memakan waktu kurang lebih tujuh bulan dan dengan dinamika pekerjaannya serta perjuangan semua rekan-rekan. Dan apa yang kita cita-citakan dapat terwujud, pak gub meresmikannya dengan baik. Kita harapkan nanti Sekolah Tinggi Abdi Wacana ini dapat menjadi perguruan tinggi yang mumpuni, yang baik dan modern", kata dr. Sumara.


Pada kesempatan yang sama Ketua Umum Majelis Sinode GKE, Pdt. DR. Simpon F. Lion, M.Th menyampaikan ucapan syukur kepada Tuhan, dan terima kasih kepada Gubernur Kalimantan Barat atas dukungan dan perhatiannya, sehingga gedung perkuliahan STAK AW dapat digunakan lebih representatif.

Karena pihaknya telah lama mengharapkan adanya perbaikan sarana perkuliahan sebagai wadah untuk menciptakan generasi yang maju dalam ilmu pengetahuan.

"GKE tidak hanya bergerak dalam bidang spiritualitas saja, namun juga berkiprah dalam mensejahterakan masyarakat melalui pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lain-lain dengan cara bermitra dengan pemerintah serta mitra pihak ketiga.

Nah, kami hari ini sangat bersyukur, Gereja Kalimantan Evangelish mendapat anugerah yang luar biasa atas bantuan bapak Gubernur Kalimantan Barat yang begitu konsen terhadap pendidikan. Kami sangat bangga atas perhatian pemerintah, karena sekolah ini sudah lama kami dambakan. Kerinduan kami berpuluh tahun ini, dijawab oleh Tuhan dan ditetapkan ada gedung baru untuk perkuliahan", ucapnya.


Saat ini STAK AW Pontianak ini memiliki lebih dari 100 mahasiswa aktif dalam menggali ilmu, untuk diterapkan dalam membangun Kalimantan Barat.

Oleh karena itu, Ketua Sekolah Tinggi Agama Kristen Abdi Wacana Pontianak Paulus Ajong, M.Th mengatakan bahwa Sekolah Tinggi ini akan dikelola secara baik demi kemajuan Kalimantan Barat kedepannya. Terlebih lagi katanya, kita akan menyongsong bonus demografi yang dapat membawa bangsa Indonesia menjadi lebih maju. Sehingga kualitas sumber daya manusia yang unggul sangat dibutuhkan.

"Oleh karenanya, melalui Sekolah Tinggi Agama Kristen Abdi Wacara ini, kami berharap bisa berperan serta dengan seluruh lapisan masyarakat untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul, inovatif dan kreatif sesuai dengan visi kita. Kami juga mengembangkan paham-paham keagamaan yang moderat", jelas Ajong.

Paulus Ajong juga berharap, kedepannya STAK AW ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menimba ilmu sebagai modal pembangunan, yang pada akhirnya dapat membawa nama Kalimantan Barat di tingkat Nasional maupun Internasional melalui lulusan - lulusan yang berkualitas. (admin)

Link: https://youtube.com/shorts/RvK0MDEkAJw?feature=share





Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak