Ukir Sejarah, Sky Park Bukit Rindu Alam Singkawang Jadi Saksi Kejurnas Paralayang TROI Seri 1


Dalam rangka memgembangkan olahraga dirgantara sekaligus mempromosikan potensi wisata di Kalimantan Barat, Lanud Harry Hadisoemantri menggagas pelaksanaan Kejurnas Paralayang di Singkawang.

Melalui usaha dan kerja keras didukung dengan sinergitas semua stakeholder, Kejurnas Paralayang Seri 1 terlaksana pada tanggal 25 Mei hingga 28 Mei 2023 di Sky Park Bukit Rindu Alam Singkawang.



Sebagai ketua FASIDA atau Federasi Aero Sport Indonesia Daerah Singkawang, Bengkayang dan Sambas, Komandan Lanud Harry Hadisomantri, Letkol Nav W.P. Pujo Wahono, S.H., M.Han., menilai, pelaksanaan kejurnas ini sebagai pemantik kemajuan olahraga dirgantara di Kalimantan Barat. Karena beberapa wilayah yang topografinya banyak perbukitan, Kalimantan Barat sangat potensial olahraga terbang bebas ini untuk dikembangkan.

"Kami melihat potensi itu ada, selain itu kit juga sudah memiliki atlet-atlet paralayang. Sehingga nantinya bisa lebih berprestasi dan dapat berbicara ditingkat nasional maupun internasional.

Harapan kami kedepan adanya kerjasama yang baik antara TNI Angkatan Udara dan stakeholder terkait dan didukung dari Kementerian Pemuda dan Olahraga agar mengembangkan olahraga dirgantara ini. Tidak hanya paralayang saja, agar dapat berkembang dengan baik di Kalbar mengikuti daerah lain yang berkembang terlebih dulu", kata Pujo.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kapuspotdirga TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama TNI Tyas Nur Adi selaku Sekjen FASI.

Ia menjelaskan bahwa kejurnas seri satu di Singkawang adalah permulaan dimulainya lomba paralayang di Indonesian. Karena sesuai rencana pada tahun ini akan digelar lima seri.

Pihaknya juga terus membina potensi dirgantara lainnya yang cukup banyak, salah satunya paralayang ini.

"Atas prakarsa Danlanud Harry Hadisoemantri Kejurnas Paralayang Seri 1 ini sudah dimulai. Dan direncanakan pada tahun ini ada lim seri. Seri 1 dilaksanakan di Singkawang ini.

Kami juga terus melakukan pembinaan-pembinaan olahraga dirgantara salah satunya paralayang ini. Pembinaan secara prestasi itu terletak pada masing-masing komite melalui kejuaraan-kejuaraan atau lomba yang dilaksanakan oleh FASIDA. Jadi apabila FASIDA ingin mengusulkannya dan berkoordinasi dengan Pemda setempat maka akan dilaksakan disuatu tempat yang sudah disetujui oleh PB FASI. Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya Trip Of Indonesia, tapi juga ada bersifat kedaerahan ", kata Marsekal Pertama TNI Tyas Nur Adi yang saat ini menjabat sebagai Kapuspotdirga TNI Angkatan Udara.


Peserta yang mengikuti kejurnas ini dilaksanakan selama empat hari mulai dari latihan bersama hingga tahapan pertandingan.

Atlet paralayang yang ikut dalam Kejurnas ini berasal dari beberapa daerah di Indonesia seperti pulau Jawa, Bali, Sulawesi dan yang lainnya.


Para atlet akan memperebutkan enam medali emas, perak dan perunggu untuk tiga nomor lomba, diantaranya adalah ketepatan mendarat (KTM) Putri Putra senior dan junior, ketepatan mendarat (KTM) Tandem, ketepatan mendarat (KTM) TNI/Polri.

Untuk informasi sekalian promosi juga ni ya, ada ungkapan dari panitia yang sudah melanglang buana mengitari beberapa wilayah di Kalimantan, bahwa lokasi Bukit Rindu Alam Singkawang ini, termasuk yang menjadi rekomendasi mereka. Karena dilihat dari ketinggiannya yang mencapai dua ratusan MDPL. Selain itu banyak titik yang dapat dijadikan tempat landing karena berada pada kawasan pantai. Jadi kepada stakeholder terkait ni, peluang besar ini semoga dapat ditangkap, agar dapat meningkatkan multi sektor termasuk pariwisata di Kalimantan Barat umumnya dan Singkawang pada khususnya.


Setelah penilaian seluruhnya selesai maka dilanjutkan dengan acara penutupan.

Pada kesempatan itu Pj. Walikota mengatakan, Singkawang telah mengukir sejarah baru melalui event penyelenggaraan Kejurnas Paralayang seri 1 Singkawang. Menurutny olahraga ini memerlukan keterampilan, sertifikasi dan andrenalin yang tinggi.

Dijelaskannya bahwa, ajang Kejurnas Paralayang apabila dikemas dengan baik mulai dari penyiapan para atlet, lokasi (Venue), pengelolaan dapat menjadi pengembangan daya tarik wisatawan untuk menyaksikan, merasakan sensasi terbang tandem melihat keindahan panorama alam di kawasan Sky Park Bukit Rindu Alam.

"Kita dorong ekosistem Pariwisata yang positif di kota Singkawang. “Bravo Paralayang”, ucapnya. 


Penutupan Kejurnas Paralayang Seri 1 TROI ditandai dengan penyerahan hadiah berupa mendali serta bonus bagi para pemenang.

Daftar juara kejuaraan Nasional Paralayang Seri 1 Singkawang Kategori Ketepatan Mendarat sebagai berikut :

KTM Junior Putra :
Juara I : Damar Tetuko H. Provinsi Jawa Timur
Juara II : Triyanto, Provinsi Jawa Tengah
Juara III : Slamet Diki P., Provinsi Jawa Barat

KTM Senior Putra : 
Juara I : Roni Pratama, Provinsi Jawa Timur
Juara II : Naufal Hammam, Provinsi Jawa Timur
Juara III : Ardiansyah Mega P., Provinsi Jawa Timur

KTM Junior Putri :
Juara I : Nur Fadillah, Provinsi Jawa Barat
Juara II : Nadilla Maharani, Provinsi Bali
Juara III : Putri Fauziah Rinjani, Provinsi Jawa Barat

KTM Senior Putri : 
Juara I : Langking Ayu P., Provinsi Jawa Timur
Juara II : Shakira Wasila A., Provinsi Jawa Barat
Juara III : Lina Herlina, Provinsi Jawa Barat

KTM Tandem :
Juara I : Darumaka Rajasa/Cleo Ali, Provinsi Bali  
Juara II : Roni Pratama/Ardiansyah, Provinsi Jawa Timur
Juara III : Sutrisno/FIqih, Provinsi Jawa Timur

KTM TNI/Polri : 
Juara I : Yajid, Provinsi Jawa Timur
Juara II : Yuda Maisa P., Puspotdirga
Juara III : Andik Prasetyo, Provinsi Jawa Timur (**)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak