Lanud Supadio Gelar Upacara Peringatan Detik - detik Proklamasi Kemerdekaan Ke - 78 di Perbatasan

 

Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio menggelar Upacara Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke- 78 Republik Indonesia di Landasan Udara Liku, Desa Nibung, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Kamis (17/08/2023).

Landasan Liku merupakan salah satu landasan yang akan menjadi Bandara Perintis di wilayah Barat, Kalimantan Barat berbatasan dengan Sarawak, Malaysia.

Selaku Inspektur Upacara (Irup) Komandan Lanud (Danlanud) Supadio Marsekal Pertama (Marsma) TNI Prasetiya Halim, S.H dan bertindak sebagai Komandan Upacara (Danup) Mayor Adm Imron Rosyadi I, S.E.

Upacara yang berlangsung khidmat ini juga dihadiri oleh Rektor Untan, Ketua PIA Ardhya Garini Cab. 19/D.I Lanud Supadio Ny. Shinta Prasetiya Halim, para pejabat dijajaran TNI/Polri/Sipil dan Forkopimda Kab. Sambas dan Kec. Paloh.

Selain itu segenap hadir juga Aparatur Sipil Negara (ASN), mahasiswa KKN Kebangsaan, organisasi masyarakat, organisasi pemuda dan para pelajar di wilayah Kecamatan Paloh. 

Upacara dimulai  pukul 08.00 Wib dengan diawali pengibaran Bendera Sang Merah Putih, pembacaan teks Pancasila, pembacaan pembukaan UUD 1945 dan pembacaan doa.   

Danlanud Supadio mengatakan momentum peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia tahun 2023 menjadi momentum bersejarah bagi Lanud Supadio, karena pertama kali menggelar upacara peringatan detik-detik Proklamasi di Landasan Udara, Liku, Paloh, Kabupaten Sambas.

“Tepat Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia, Lanud Supadio menggelar upacara detik-detik Proklamasi di Landasan Liku yang merupakan Bandara Perintis di wilayah Barat, Kalimantan Barat, berbatasan langsung dengan Negara tetangga Malaysia,” kata Danlanud sesaat usai pelaksanaan upacara. 

Usai pelaksanaan  Upacara, Lanud Supadio bersama Rektor Untan menyerahkan secara simbolis Bendera Merah Putih kepada Kepala Desa se-Kecamatan Paloh dan penyerahan bantuan sembako kepada perwakilan masyarakat dari 8 Desa Kec. Paloh serta penyerahan sertifikat tanah dari BPN kepada Danlanud Supadio dan Pemda Sambas.

Selain itu juga digelar bakti sosial berupa pengobatan umum dan pemeriksaan kesehatan gratis, pembagian kacamata baca gratis serta pembagian sembako dan gebyar musik kemerdekaan.

“Usai pelaksanaan upacara bendera, Lanud Supadio juga melaksanakan bakti sosial kesehatan, pembagian sembako, pembagian bendera merah putih serta panggung hiburan. Kegiatan ini kami persembahkan dan dedikasikan untuk masyarakat disekitar wilayah Landasan Liku, Paloh. Semoga semua kegiatan yang dilaksanakan oleh Lanud Supadio dapat bermanfaat bagi masyarakat Paloh, Kabupaten Sambas,” tutup Perwira Tinggi (Pati) Alumni Akademi TNI AU (AAU) Tahun 1994. (Pen Lanud Supadio)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak