Kodim 1013/Mtw Bersama BPBD Laksanakan Pembinaan Tanggap Bencana Bagi Masyarakat

Kodim 1013/Mtw melaksanakan program pembinaan masyarakat tanggap bencana Tahun Anggaran 2023 dengan mengambil tema Bersama TNI Tanggap Bencana, bertempat di Aula Kantor Kelurahan Jambu 1013/Mtw Jln. Poros Muara Teweh - Kaltim Kel. Jambu Kec. Teweh Baru Kabupaten Barito Utara, Kamis (19/10/2023).

“Program ini dilaksanakan untuk membantu Pemerintah Daerah dalam upaya meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam,” kata Pasiter Kodim 1013/Mtw Kapten Inf Mufit Asnari saat dikonfirmasi secara terpisah.

Dalam kegiatan tersebut Kodim Muara Teweh juga menggandeng pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Utara, Babinsa, Bhabinkamtibmas, relawan Masyarakat Peduli Api (MPA) dan seluruh pemerintahan kelurahan jambu serta tokoh masyarakat.

Sementara itu sambutan Dandim 1013/Mtw yang disampaikan oleh Batiter Staf Ter Dim 1013/Mtw Serma Eri Ristia menyampaikan tujuan Bakti TNI ini adalah untuk mengatasi kesulitan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga diharapkan akan terwujud Kemanunggalan TNI-Rakyat.

Lebih lanjut dijelaskannya, Komando kewilayahan sebagai ujung tombak TNI AD dalam melaksanakan pembinaan teritorial melaksanakan langkah-langkah konkret melalui pemberdayaan masyarakat tanggap bencana di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang rawan terjadi bencana alam dan implementasinya diwujudkan dengan kegiatan Bakti TNI dan Untuk membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesadaran dan kesiapan masyarakat dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam serta menekan kerugian baik korban jiwa dan harta benda akibat dari bencana alam.

"Saat ini kita semua dihadapkan pada kenyataan bahwa musim kemarau yang cukup panjang. Pencemaran udara mengakibatkan langit di atas kita kurang cerah karena penuh dengan asap dampak dari banyaknya pembakaran lahan dan hutan khususnya di wilayah Kabupaten Barito Utara", ujar Dandim pada sambutannya.

Bagian akhir sambutannya Dandim mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi terhadap pelaksanaan kegiatan pembinaan masyarakat tanggap bencana.

Kegiatan pembinaan tanggap bencana bagi masyarakat dilanjutkan dengan simulasi Penanganan Bencana Kebakaran. (Pendim 1013/Mtw)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak