Lanud Supadio Gelar Latihan SAR Semester II Tahun 2023

Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Supadio menggelar latihan SAR (Search And Rescue) bagi personel yang tergabung dalam Tim SAR Lanud Supadio, Kubu Raya, Rabu (11/10/2023).

Tim SAR Lanud Supadio yang mengikuti latihan ini terdiri dari berbagai unsur satuan kerja yakni unsur Baseops, unsur Pemadam Kebakaran (PK), Intelijen, Skadud 1, Skadud 51, Satpomau, tim kesehatan dari RSAU dr. M.Sutomo dan tim SAR Yonko 465 Pasgat serta pendukung lainnya.

Menurut Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Supadio Kolonel Pnb Supriyanto, latihan SAR merupakan latihan yang dilaksanakan secara rutin dan akan terus dimantapkan. Itu dilakukan dengan harapan agar terbentuk satu pola pikir dan pola tindak bagi anggota yang terlibat dalam unsur Search And Rescue dapat mengetahui tugas dan fungsinya apabila terjadi accident pada alutsista dan pilot yang dimiliki Lanud Supadio.

Sementara Kasiopslat Lanud Supadio Mayor Pnb Dedi Andres Saputra mengatakan diselenggarakannya latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kecepatan pencarian dan pertolongan dalam penanganan accident dan incident di Lanud Supadio.

“Paling utama adalah menyegarkan kembali dan meningkatkan kemampuan personel yang terlibat. Latihan ini sangat penting, dalam rangka mengantisipasi semua kemungkinan dalam operasi dan latihan,” ujarnya.

Dijelaskannya, latihan SAR ini diskenariokan dalam melaksanakan latihan penerbangan rutin, salah 1 pesawat terbang disimulasikan saat Take Off dari R/W 15 mengalami emergency Engine Flame Out dan Pilot memutuskan eject karena pesawat uncontrol dan mendarat di sekitar daerah ujung R/W 33. 

Latihan diawali adanya informasi dari Base Operation Dinas Operasi. Berdasarkan informasi dari ATC Radar Bandara Supadio, posisi terakhir pesawat melalui PLB teridentifikasi di sekitar Danau Bajong area. Setelah dilaksanakan koordinasi dengan seluruh jajaran yang terkait, Heli dan Tim SAR segera berangkat menuju koordinat yang telah didapatkan untuk evakuasi pilot. Namun dalam perjalananya SAR udara mengalami kendala dengan putusnya tali kemantel Tim SAR darat segera ke lokasi untuk melaksanakan evakuasi pilot dan pengamanan terhadap alutsista. (Pen Lanud Supadio)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak