Waspada Penyakit Demam Berdarah, Babinsa Koramil 1204 - 02 / Sekayam Laksanakan Fogging di Wilayah Binaan

Sebagai salah satu bentuk kewaspadaan terhadap munculnya penyakit demam berdarah dengue (DBD), Sertu Rusmanto Koramil 1204 - 02 / Sekayam bersama petugas Kesehatan Puskesmas Balai Karangan, Kepala Desa Lubuk Sabuk serta Personel Pamtas Ri Malaysia Yon Armed 16/TK Pos Segumon melaksanakan fogging atau pengasapan lingkungan pada sarana pendidikan, tempat ibadah dan pemukiman warga di wilayah Dusun Segumon, Desa Lubuk Sabuk, Kecamatab Sekayam, Kabupaten Sanggau, Senin (27/11/2023).

Fogging atau penyemprotan dilakukan sebagai salah satu metode pengendalian faktor penyebab penyakit DBD, dengan menggunakan mesin yang dapat mengeluarkan asap berisi insektisida. Insektisida inilah yang kemudian akan bekerja membunuh nyamuk dewasa penyebab menyebarnya penyakit DBD.

“Dimusim penghujan seperti saat ini banyak genangan air dilingkungan warga dikhawatirkan jadi tempat berkembang biaknya nyamuk aedes aegepty, dilakukan kegiatan fogging sebagai upaya untuk mengendalikan berkembang biaknya nyamuk penyebar demam berdarah", ungkap Sertu Rusmanto.

“Namun kegiatan fogging atau pengasapan hanya membunuh nyamuk dewasa saja, sedangkan telur dan jentik nyamuk tidak akan mati. Diharapkan masyarakat juga peduli dalam menjaga kebersihan lingkungan, dengan melakukan langkah 3M yaitu menguras, menutup, dan mengubur barang-barang yang tidak terpakai atau diperlukan sehingga tidak ada tempat untuk genangan air yang akan digunakan untuk berkembang biak nyamuk, karena mencegah itu lebih baik", pungkasnya. (Pendim 1204/Sanggau)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak