Kunjungan DPW Matra Kalbar, Kodam XII/Tanjungpura Sambut Dengan Hangat

 

KUBU RAYA - tigan-tvnetwork.com

DPW MATRA, Kalimantan Barat, melalui Ketua Harian DPW Matra Kalimantan Barat, Syarif Mu'ammar Imam Kahfi berkunjung ke Kodam XII/Tanjungpura. 

Setelah mendapatkan jadwal dari Pangdam melalui Aster Kasdam XII/Tpr, MATRA melaporkan rencana kegiatan audiensi bersama Pangdam XII/Tpr berserta Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Masyarakat Adat Nusantara (MATRA), yang dilaksanakan pada Kamis 16 Mei 2024, pukul 10.00 Wib di ruang Transit Pangdam XII/Tpr.

Ada pun peserta audiensi Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Masyarakat Adat Nusantara (MATRA) adalah K. R. Ngt. T Andi Falani, S.Pd.I (Ketua DPW MATRA KALBAR), Syarif Mu'ammar Imam Kahfi (ketua harian), Andi Panalaga (Wakil Sekretaris), Iswanto (Bendahara), Raden Asmun (ketua IV Wilayah Ketapang, Kayong Utara), Muhammad Nuh Madani (Humas), Edo Pradana Prasitha (Ketua Bidang Promosi Budaya), dan Fadilah Khairawati (Perwakilan Srikandi Matra).

Pendamping audiensi Asintel Kasdam XII/Tpr, Aster Kasdam XII/Tpr, Kapendam XII/Tpr.

Dalam hal ini Ketua Harian Syarif Mu'ammar Imam Kahfi menyampaikan, beberapa poin diantaranya menyangkut pembahasan kegiatan Matra.

Salah satunya dalam pembicaraan tersebut yang akan disampaikan yaitu mengenai FABD dan FABN IV Kalbar. 

Adapun kegiatan FABD yang mana akan menjadi kegiatan rutin tahunan DPW MATRA KALBAR, tujuan dari kegiatan FABD yaitu mempertahankan adat budaya yang ada di Kalimantan Barat dengan menjunjung tinggi sila-sila dalam Undang-undang Pancasila. 

Selain itu tujuan dari FABN adalah memperkenalkan adat budaya Kalimantan Barat kepada daerah dan Provinsi luar dari pulau Kalimantan bahkan juga kepada dunia, tentang keberagaman budaya yang ada Kalimantan Barat.

Mengingat MATRA juga sudah membentuk 17 DPW di setiap provinsi dan juga sudah membentuk 36 DPD di seluruh nusantara, bahkan MATRA juga sudah menjalin hubungan ke kerabatan antar negara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Australia, Amerika Serikat, Filipina hingga Ghana.

Pentingnya rencana FABD dan FABN, DPW MATRA KALBAR mengharapkan Pangdam XII/Tpr selaku pembina, dimana MATRA juga membutuhkan support yang sebesar-besarnya. secara emosional maupun secara non-emosional.

Sementara dari Pangdam XII/Tanjungpura Mayor Jendral TNI Iwan Setiawan mengatakan, pentingnya melakukan persiapan dalam membuat kegiatan besar.

"Jika menghadapi kegiatan besar kita juga perlu lakukan persiapan, lebih lanjut dan mempunyai dua alternatif salah satunya di IKN," ujarnya. 

Selain itu kita juga pastinya butuh tempat satunya adalah penginapan atau hotel yang harus kita perhitungkan ketika kegiatan akan di laksanakan di Kalbar.

"Tingkat keamanan juga harus diperhatikan karena ini menyangkut kegiatan- kegiatan besar seperti ini", ungkapnya. (**)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak